Ketika melakukan Sales Retur muncul keterangan ” Service Not Allowed”

Pada saat Anda menginput Sales Retur dan saat memilih barang yang akan di retur lalu muncul keterangan “Service not Allowed” hal tsb dikarenakan Sales Invoice yang akan di retur ternyata terdapat item yang tipenya  adalah service. Sehingga jika retur penjualannya diinput melalui form Sales Invoice maka akan dikonfirmasi Service not allowed. Ada 2 alternatif cara untuk menginput Sales Retur tsb yaitu:

  1.  Input di Form Sales Return dengan memilih item Non Inventory Part.

Terlebih dulu kita buat item non inventory Part dari list | Item, klik New. Pilih Item Type nya Non Inventory Part. Isikan di kolom Description dengan nama item Servicenya, kemudian di tab GL ACCOUNT setting akun Sales ke Pendapatan Jasa dan Sales Return ke akun mana kita mau jika ada terjadi retur atas Service tsb, misal mau langsung mengurangi akun pendapatannya, kita bisa samakan ke akun Sales nya ke Pendapatn Jasa juga, untuk setting akun yang lainnya biarkan ke akun default. Lalu setting juga di menu Setup | Preference | Sales, dibagian Sales Retur, centang Show “All Sales Invoice“, Can Enter Any Item in Sales Return dan juga Show Confirmation when Create Sales Invoice kemudian klik Ok.

Kemudian Input Sales Return dengan cara berikut:

  • Dari menu Activities | Sales | Sales Return, pilih customer yang mau di retur
  • Di field Invoice No pilih Invoicenya yang None
  • Double – Click di kolom Item No dan pilih item jasa yang tipe Non Inventory Part dan isikan di kolom Unit Price sesuai dengan nila yang akan diretur lalu Save dan Close.

Secara otomatis Accurate akan membuatkan datu Invoice baru hasil dari retur tsb. Jika dari retur tsb uang nya akan dikembalikan ke Customer maka setelah membuat Sales Return tsb input pengembalian uangnya melalui Sales Receipt, pilih nama Customer dan nama Bank yang digunakan untuk mengembalikan uang nya dan juga centang No Invoice yang diretur tadi setelah itu Save dan Close. Untuk berikutnya baiknya jika ingin menginput penjuakan jasa tsb gunakan item Non Inventory Part saja sehinga jika ada retur dapat langsung diinput melalui Sales Return.

2.  Menginput Retur penjualan jasa tsb melalui form Jurnal voucher dengan cara menjurnal balik dari apa yang sudah diinput di Sales Invoice atas Jasa tsb. Berikut jurnalnya

(Dr)   Pendapatan Jasa ** xxxx     –

(Cr)          Piutang                   –         xxxx

** Untuk akun pendapatannya sesuaikan dengan jurnal yang terbentuk dari Sales Invoice atas jasa yang sudah dibuat sebelumnya.

Mengenai pengembalian uang dari hasil retur tsb harus dilakukan melalui Jurnal voucher juga dengan jurnal sebagai berikut:

(Dr) Piutang       xxx                –

(Cr)      Cash/Bank    –            xxx

Cara ini boleh digunakan jika Jasa tersebut sudah lunas atau invoice yang diretur sudah tidak outstanding lagi. Jika masih belum lunas baiknya gunakan cara pertama melalui form Sales Return dengan Item Non Inventory Part.

Cara ini juga tidak disarankan digunakan jika dimaksudkan untuk melunasi faktur berikutnya. Jika dimaksudkan untuk memotong tagihan faktur berikutnya, gunakan cara pertama diatas melalui form Sales Return.

Gallery | This entry was posted in Upgrade and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s